Diskominfo SP Tuban adakan Pembinaan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Kecamatan Soko

  • Nov 23, 2023
  • Kenongosari
  • Kegiatan Pemerintahan

Rabu (22/11/2023) Diskominfo SP Kabupaten Tuban melakukan Kegiatan Pembinaan dan Pemberdayaan Kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kecamatan Soko. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Soko dan turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Kominfo beserta beberapa stafnya.

Dalam acara ini telah diulas 3 materi yaitu tentang Jurnalistik, desain grafis, dan videografi. Materi yang juga dibahas adalah tentang membentuk KIM lainnya, tujuan KIM, tugas KIM, fungsi KIM, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan kegiatan KIM tersebut.

KIM sebagai mitra pemerintah daerah bisa berperan dalam menyebarluaskan informasi di tingkat desa atau kelurahan. Di sisi lain, KIM juga bisa menjadi penampung aspirasi masyarakat desa untuk disampaikan kepada pemerintah daerah. Sehingga dengan terbentuknya KIM diharapkan akses informasi yang sesuai kebutuhan masyarakat kian terbuka dan mudah.

KIM diharapkan dapat memilah dan menyebarkan informasi yang benar, khususnya informasi yang bernilai positif dan akan berdampak positif jika segera di sebarluaskan dan di pertukarkan. Disinilah KIM bisa ikut membantu pemerintah untuk menyebarkan informasi yang memberdayakan, yakni informasi yang mengubah pandang masyarakat.

Di akhir kegiatan tersebut, tim narasumber mengharapkan agar segera dibentuk kepengurusan KIM ditingkat Desa serta di SK kan oleh Kepala Desa kemudian data kepengurusan segera dikirim ke Dinas Kominfo Kabupaten Tuban.